Apple Mempercepat Program Penggantian Baterai Lama iPhone

Apple

Semenjak terbongkarnya fakta bahwa Apple mengurangi performa iPhone seiring dengan berkurangnya kemampuan baterai, yang menurut Apple untuk "menjaga" performa dan daya tahan iPhone itu sendiri, Apple kotar-katir mencari cara agar cepat menuntaskan permasalahan yang membuat image perusahaan dan para pelanggan yang mengamuk.

Salah satu caranya adalah dengan program penggantian baterai iPhone dan mengurangi biaya penggantian semula USD 79 menjadi USD 29. Program yang semula dikabarkan akan dimulai akhir Januari 2018 ini ternyata berjalan lebih cepat yaitu mulai dari kemarin 31 Desember 2017. Namun, Apple senidir menetapkan syarat yaitu program ini hanya untuk iPhone 6 keatas baik yang masih memiliki garansi maupun tidak.

Berbagai spekulasi bermunculan mengenai pecepatan program ini. beberapa mengatakan bahwa percepatan ini dikarenakan banyaknya gugatan yang diterima Apple akibat masalah ini terutama di Perancis.

Di Perancis terdapat Undang-Undang yang mengatakan bahwa siapapun yang dengan sengaja mengurangi masa umur suatu produk untuk meningkatkan penjualan akan dikenakan hukuman penjara selama 2 tahun dan dikenakan denda sebanyak 300 ribu euro. Peraturan ini tentu saja mengancam para petinggi Apple.

Seperti yang kita ketahui bahwa APple telah merilis pernyataan resmi mengenai hal ini.
Kami telah mendengar umpan balik dari para pelanggan mengenai cara kami mengatasi performa iPhone dengan baterai yang sudah berumur dan tentang bagaiamana cara kami mensosialisasikan masalah ini. Kami tahu bahwa beberapa dari kalian kecewa." ucap Apple dalam pernyataannya.  
"Kami minta maaf. Ada banyak kesalahpahaman terkait permasalahan atau isu ini, jadi kami ingin melakukan klarifikasi dan memberitahu perubahan yang kami buat. Yang pertama dan yang paling utama, kami takkan pernah secara sengaja mengurangi umur produk Apple atau menurunkan pengalaman pengguna demi mendorong consumer upgrade." lanjut Apple.

Sepertinya, peristiwa ini juga menjadi salah satu penyebab harga saham Apple di Amerika jatuh setelah jatuh dikarenakan penjualan iPhone X yang lesu. Tercatat pada 29 Desember 2017 saham Apple turun 1,85 poin (1,08%) ke titik169,23 per saham.
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »