5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Dicari Di 2018 Versi Forbes


Programming

Tak bisa dipungkiri bahwa perekonomian di masa yang akan datang akan terus berhubungan dengan sistem informasi. Jika, sudah berhubungan dengan sistem informasi maka berhubungan pula dengan hardware dan software. Untuk menjalankan hardware dan software tersebut maka diperlukan pengetahuan mengenai bahasa pemrograman yang dapat menjalankan hardware dan software tersebut.
Oleh karena alasan itulah para perusahaan yang berhubungan dengan teknologi membutuhkan banyak karyawan/pekerja yang mengerti atau ahli dalam suatu bahasa perograman. Melihat hal ini Forbes memberitahu 5 bahasa pemrograman yang paling banyak dicari di tahun 2018. Apa saja?

1. Phyton

Phyton

Bahasa pemrograman ini sebenarnya sudah muncul sejak 1980-an namun baru populer beberapa tahun kebelakang sampai sekarang dan sepertinya masih akan populer di masa yang akan datang. Pada awalnya bahasa ini digunakan untuk menguji berbagai jenis Microchip. Tetapi, karena kemudahannya, bahkan lebih mudah daripada Java dan C++, banyak orang yang mempelajari dan menguasai bahasa pemrograman ini sampai pada akhirnya digunakan oleh situs-situs dan media sosial yang populer seperti Reddit dan Instagram. Oleh karena itu, menurut codedojo orang-orang yang dapat menguasai bahasa pemrograman ini akan banyak dicari. Terutama di Amerika Serikat. [1][2]

2. Java

Java

Bahasa pemrograman yang dibuat oleh Sun Microsystems dan dirilis pada tahun 1995 ini sudah tiadk perlu diragukan lagi. Karena sampai saat ini jutaan bahkan milyaran perangkat menggunakan bahasa pemrograman ini. Ditambah lagi dengan Android yang juga memakai Java dan seperti yang kita tahu jumlah pengguna Android sendiri semakin meningkat sehingga tidak perlu diragukan lagi akan tingginya peluang pekerjaan bagi orang-orang yang ahli bahasa ini.
Sekedar informasi, bahwa di tahun 2017 saja lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan Java ini meningkat lebih dari 30.000. 

3. JavaScript

JavaScript

Berbeda edngan Java, JavaScript lebih berorientasi pada sisi klien da front-end development. JavaScript digunakan diseluruh browse dan digunakan juga di lebih dari 90% halaman situs di seluruh dunia. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan yang berorientasi pada situs web pasti mencari orang-orang yang ahli bahasa ini.

4. C#

C#

C# adalah sebuah pemrograman yang diciptakan oleh Microsoft. Bahasa ini digunakan untuk .NET framework. C# juga telah menjai salah satu bahasa pemrograman terbaik dan CodingDojo juga menyatakan bahwa bahasa ini masih laku dipasaran.

5. PHP

PHP

Jika JavaScript berorientasi pada sisi klien maka PHP lebih ke sisi server. PHP sendiri masih digunakan oleh 80% web, perusahaan-perusahaan seperti Facebook, Wikipedia, Tumblr, dan WordPress menggunakan bahasa ini. Sehingga, kebutuhan akan ahli bahasa program ini masih sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.
Itulah 5 bahasa pemrograman yang paling banyak dicari di tahun 2018 versi Forbes. Semoga dengan informasi ini membangun semangat Anda untuk mempelajari bahasa-bahasa pemrograman diatas, jika Anda adalah pemula kalian bisa mulai dari belajar HTML terlebih dahulu. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »